Hosea dan Gomer (Inilah Kasih Tuhan)

Posted on Posted in Forgiveness, Illustration, Jesus, Love

Hari ini kita akan melihat sebuah kisah cinta yang sangat unik antara seorang laki-laki bernama Hosea, dan seorang wanita bernama Gomer. Hosea adalah seorang imam yang terkenal pada masa itu; semua orang mengenal nya sebagai seorang hamba Tuhan yang luar biasa. Namun, pada suatu hari Tuhan memerintahkan Hosea untuk menikahi seorang wanita, dan wanita ini bukanlah wanita sembarangan, wanita ini adalah seorang pelacur bernama Gomer.

Apa? Seorang imam Allah menikah dengan seorang pelacur? Apakah ini tidak salah? Apa yang orang-orang akan katakan tentang Hosea? Tentu nya pasti banyak yang akan menggosipi hubungan ini. Pasti banyak yang berkata Hosea jatuh ke dalam hawa nafsu dan lain-lain. Apakah Tuhan tidak memiliki seorang istri yang lebih baik untuk Hosea?

Tetapi Tuhan berkata, “Aku ingin kamu mengambil Gomer sebagai istri mu.” Dan Hosea taat, ia mengambil Gomer menjadi istri nya.

Hosea akhirnya membangun sebuah keluarga dan memiliki tiga orang anak bersama Gomer; tetapi tiba-tiba pada suatu malam, Gomer menghilang. Gomer kembali ke kehidupan nya yang lama. Tetapi lagi-lagi Tuhan berkata kepada Hosea: “Pergilah lagi, cintailah perempuan yang suka bersundal dan berzinah, seperti Tuhan juga mencintai orang Israel, sekalipun mereka berpaling kepada allah-allah lain …” (Hosea 3:1).

Ketika Tuhan mengatakan Israel, yang dia maksudkan tentu adalah Israel, tetapi yang Ia bicarakan juga adalah tentang kasih nya kepada seluruh dunia. “Kejar perempuan itu kembali! Seperti Aku mengejar anak-anak-Ku kembali, meskipun mereka melarikan diri kembali kepada hal-hal yang dunia ini tawarkan.”

Betapa menyakitkan nya pencarian dan pengejaran ini bagi Hosea. Apa yang orang-orang akan katakan? “Sudah kuduga, tidak mungkin pernikahan dengan seorang pelacur bisa membuat sebuah keluarga yang baik,” “Lihat! Seorang imam sedang berjalan di area-area percabulan untuk mencari istri nya.”

Tetapi Hosea tetap mencari, mencari, dan mencari. Mencari apa? Mencari istri nya yang meninggalkannya.

“Lalu aku membeli dia bagiku dengan bayaran lima belas syikal perak dan satu setengah homer jelai” (Hosea 3:2).

“Tunggu… Tunggu… Tunggu… Dia adalah istri mu Hosea! Dia memang adalah milik mu! Kamu membeli sesuatu yang sebenarnya adalah kepunyaan-mu?”

Saya tidak bisa membayangkan apa yang terjadi waktu itu. Hosea melihat istri nya sedang diperdagangkan, bagaikan sebuah objek yang diperjual belikan. Lalu ia datang dan berkata, “permisi tuan, mungkin anda tidak tau, tetapi wanita itu adalah istri ku.”

“Saya tidak peduli siapa dia, tetapi jika kamu menginginkan nya, kamu harus membayar harga nya!” balas si penjual.

“Berapakah harga nya?” ujar Hosea.

Dan Hosea membayar nya! Hosea membayar Gomer yang sebenarnya memang adalah kepunyaannya!

Saya harap kalian semua sadar, Hosea menggambarkan Tuhan. Dan pelacur yang bernama Gomer adalah diri-mu dan diri-ku.

Manusia adalah milik Tuhan, tetapi manusia melarikan diri dan bersekutu dengan apa yang dinamakan dosa. Namun, Tuhan mengejar mu kembali, Ia mengirimkan Yesus untuk turun ke dunia untuk mencarimu dan mencariku. Ia datang untuk membayar dirimu dan diriku dengan darah-Nya.

 

Dan sesungguhnya Hosea mu sudah datang!

Keselamatanmu sudah datang!

Dia menemukan mu!

Dan Dia menemukan ku!

 

Yesus telah turun dan berjalan di atas dunia yang jahat ini; seperti Hosea yang mencari istri nya, Yesus datang untuk mencari diri mu dan diri ku. Dan ketika ia menemukan mu, kamu tidak terlihat menakjubkan dan layak dibeli. Kamu terikat dengan belenggu, kamu telanjang, dan kamu penuh dengan dosa. Tetapi Yesus berkata, “Berapa harga yang harus Ku bayar?”

Dan Yesus membayar semua nya dengan lunas, karena Ia mencintaimu.

 

Hosea 3:5

“Sesudah itu orang Israel akan berbalik dan akan mencari Tuhan, Allah mereka, dan Daud, raja mereka. Mereka akan datang dengan gementar kepada Tuhan dan kepada kebaikan-Nya pada hari-hari yang terakhir.”

One thought on “Hosea dan Gomer (Inilah Kasih Tuhan)

Comments are closed.