Jangan Takut Dengan Panggilan Tuhan

Posted on Posted in Faith, Hope

Pada renungan pagi hari ini, kita akan membicarakan tentang ketakutan. Tetapi bukan tentang ketakutan menghadapi masalah-masalah di hidup kita, melainkan ketakutan akan panggilan Tuhan. Saya pernah mendengar seseorang mengatakan: “Jika saya jujur kepada diri saya sendiri, terkadang saya tidak ingin mengetahui apa panggilan Tuhan atas hidup saya. Karena panggilan Tuhan biasanya akan berbeda dari apa yang sudah saya rencanakan di dalam hidup saya.”

Saya yakin kebanyakan dari kita juga terkadang merasa takut dengan panggilan Tuhan seperti orang ini; karena jika kita berjalan mengikuti panggilan Tuhan, biasanya kita harus meninggalkan zona nyaman di hidup kita. Namun sesungguhnya, setiap dari kita memiliki panggilan kita masing-masing, dan percayalah, hanya datang ke gereja pada setiap hari Minggu bukanlah panggilan Tuhan atas hidupmu.

Mungkin saja panggilan hidupmu adalah untuk melayani orang-orang miskin, untuk mengabarkan tentang Kristus kepada teman sekerjamu yang menyebalkan, atau mungkin membuat sebuah organisasi non-profit bagi yang memiliki keterbelakangan mental. Inti-nya, setiap dari kita memiliki panggilan kita masing-masing, dan seringkali panggilan tersebut tidak akan membuat jalan hidup kita menjadi lebih nyaman. Justru, panggilan Tuhan biasanya akan meminta kita untuk melangkah dengan iman.

Jika kita melihat kisah-kisah di Alkitab, kita akan menemukan kisah orang-orang yang hidupnya terinterupsi dengan luar biasa oleh karena panggilan Tuhan.

  • Daud yang sedang menggembalakan domba, dipanggil untuk melawan seorang panglima perang raksasa dari Filistin.
  • Maria yang siap menikah dan menempuh hidup yang tentram, dipanggil untuk melahirkan Yesus—dimana penguasa-penguasa akan mencoba untuk membunuhNya.
  • Simon Petrus yang sedang melakukan pekerjaannya sebagai seorang nelayan, dipanggil untuk meninggalkan pekerjaannya dan menjadi seorang penjala manusia.
  • Paulus yang merupakan seorang Farisi ternama yang sedang membunuh orang-orang Kristen, dipanggil untuk menjadi seorang penginjil Kristus dan hidup menderita.

Setiap dari tokoh di atas hidupnya berubah 180 drajat. Setiap dari mereka harus meninggalkan zona nyaman mereka untuk mengikuti panggilanNya Tuhan.


Sewaktu-waktu di dalam hidup, kita juga akan mengalami yang namanya dipanggil Tuhan untuk melakukan sebuah pekerjaan bagi namaNya. Dan saya berani jamin, panggilan tersebut tidak akan terlihat nyaman pada mulanya, karena kita harus mengganti rencana milik kita dengan rencana milikNya. Dan pada saat itu kamu memiliki pilihan: Untuk takut dan menolak ajakanNya, atau menerima ajakanNya dan melangkah dengan iman.

Jika suatu waktu kamu mendapatkan panggilan besar dari Tuhan, saya ingin kamu mengingat satu hal ini: “Tidak perlu takut. Hasil akhir adalah bagian milik Tuhan, Taat adalah bagian milik-mu.”

Saya suka apa yang Maria katakan ketika dia dipanggil untuk melakukan pekerjaan Tuhan: “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu” (Lukas 1:38).

Maria menyatakan siapa dirinya. Maria mengatakan bahwa dia adalah milik Raja di atas segala raja, maka itu dia akan mengikuti perintahNya. Dia tidak mengerti apa yang ada di depan sana, tetapi dia mengambil langkah iman untuk percaya terhadap rancanganNya. Maria tidak tau apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi Maria tau siapa Tuhan yang akan menyertai dia menuju masa depan tersebut.

Saya tidak tau apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi saya tau siapa Tuhan yang memimpin hidup saya. PikiranNya jauh melebihi pikiranku, dan JalanNya jauh melebihi jalanku!

I will walk by Faith, and not by Sight!


Jika kalian suka dengan artikel Kristen / renungan Kristen hari ini, jangan lupa share dan add official line kami ya^^

Kalian juga dapat lihat artikel-artikel dan renungan-renungan terbaru lainnya dengan scroll terus ke bawah.

Have a nice day, God Bless!

Add official line account kami untuk mendapatkan artikel Kristen / renungan Kristen dari kami setiap hari.

Add Friend

 

About the author:

Revy Halim (@revyhalim) adalah penemu dan penulis renungan utama dari Grace Depth.

Dia saat ini melayani sebagai pembicara dan pembina dari Davis Alive di Davis, California.

 

 

Follow Instagram @gracedepth.collection untuk lihat koleksi kami.

Untuk pemesanan / info lebih lanjut, hubungi:

WA | +62 819 52511522



One thought on “Jangan Takut Dengan Panggilan Tuhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *