Kisah di balik lagu “Casting Crowns – Oh My Soul”

Posted on Posted in Faith, Hope, Story Behind ..., Testimony

“Oh My Soul” adalah sebuah lagu yang diciptakan oleh Mark Hall (Casting Crowns) pada tahun 2016. Lagu ini memiliki lirik dan melody yang sangat luar biasa; dan sesungguhnya, lagu ini mengandung cerita pribadi dari Mark sendiri.

Pada tahun 2015, Mark memeriksakan diri nya ke dokter karena ia mengalami sebuah sakit perut. Setelah hasil tes keluar, sang dokter memberikan pesan kepada Mark supaya dia cepat menelponnya. Dokter tersebut adalah sahabat Mark, jadi biasa nya setelah sebuah hasil tes keluar, ia hanya memberikan sebuah pesan tentang apa saja yang Mark harus lakukan untuk menjaga kesehatannya. Jadi pada saat sang dokter menyuruh Mark untuk menelpon nya secepat mungkin, Mark tau ia akan mendengar sebuah berita yang buruk.

Akhirnya, Mark menelpon sang dokter, dan Dokter memberitahukan kepadanya bahwa ia memiliki kanker ginjal. Mark mengatakan bahwa kalimat itu menghancurkan hati nya dengan luar biasa, seakan yang ia dengar adalah, “Mark, kamu akan meninggal.”

Beberapa tahun terakhir ini menjadi sebuah tahun yang berat bagi Mark. Namun, Mark bersyukur akan teman-teman gereja yang menguatkan nya melalui masa-masa sulit tersebut. Ia melihat bahwa gereja sungguh adalah tubuh Kristus, dimana satu anggota menderita, seluruh anggota turut menderita bersamanya (1 Korintus 12:26).

Mark seringkali menuangkan isi hati nya ke dalam lagu-lagu yang ia tulis. Jadi pada malam itu, Mark duduk di depan piano, dan ia teringat akan sebuah ayat dari Alkitab. Pada Mazmur 43, Daud mengatakan, “Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan mengapa engkau gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!”

“Why, my soul, are you downcast? Why so disturbed within me? Put your hope in God, for I will yet praise Him, my saviour and my God.”

Mark merasa bahwa ayat itulah sumber awal lagu “Oh My Soul”—kalimat pertama yang keluar dari mulut nya ketika ia duduk di depan piano pada hari itu adalah, “Oh, my soul… Why are you weary?”

 

Oh, my soul

You are not alone

There’s a place where fear has to face the God you know

One more day, He will make a way

Let Him show you how, you can lay this down

Cause you’re not alone

Mark mengatakan bahwa lagu ini mengingatkannya bahwa Tuhan akan tetap menyertainya di dalam setiap langkah nya, dan Tuhan mampu membawa nya melalui masa-masa gelap, termasuk masa-masa nya menghadapi kanker.

Semoga lagu ini juga bisa memberkati kita dan mengingatkan kita,

Even when we are faithless,

God is still Faithful.

One thought on “Kisah di balik lagu “Casting Crowns – Oh My Soul”

Comments are closed.