The Word of God is My Weapon

Posted on Posted in Others

Membaca Alkitab mungkin adalah hal yang sebenarnya sangat penting, tetapi seringkali dilupakan oleh kebanyakan orang Kristen. Alkitab berisikan Firman Tuhan, dan apa sih sebenarnya Firman Tuhan itu? Dan mengapa sangat penting bagi kita untuk membacanya setiap hari?

 

Firman Tuhan memberitahukan kepada kita isi hati Tuhan, dan menunjukkan keinginan-keinginan hati kita yang dicemari dosa.

“For the word of God is alive and active. Sharper than any double-edged sword, it penetrates even to dividing soul and spirit, joints and marrow; it judges the thoughts and attitudes of the heart” (Hebrews 4:12).

Akan sangat sulit bagi kita untuk menyadari dosa-dosa di dalam hidup kita jika kita tidak pernah membaca Firman Tuhan—karena jika kita tidak membacanya, bagaimana kita dapat tau apa yang Tuhan cintai dan apa yang Tuhan tidak sukai? Saya dulu selalu berpikir bahwa saya adalah orang yang sangat baik, tetapi setelah membaca Firman Tuhan, Tuhan membuka mata saya dan saya akhirnya menyadari betapa rusaknya isi hati saya ini. Saya lalu tersadar bahwa saya membutuhkan pengampunan dari Tuhan. Dan setiap kali saya menyampaikan Firman Tuhan kepada orang lain, saya bukan hanya mengingatkan kebenaran Firman Tuhan kepada orang itu, tetapi Firman Tuhan juga sedang mengingatkan saya akan kebenaran itu. GraceDepth bukanlah sekedar website untuk mengingatkan orang-orang akan kebaikan Tuhan, tetapi GraceDepth juga merupakan sarana yang Tuhan pakai untuk mengingatkan saya sendiri akan kebaikan Tuhan.

 

Firman Tuhan lah yang memperlengkapi kita untuk melakukan hal-hal luar biasa di dalam hidup ini.

“All Scripture is God-breathed and is useful for teaching, rebuking, correcting and training in righteousness, so that the servant of God may be thoroughly equipped for every good work” (2 Timothy 3:16-17).

Firman Tuhan lah yang memberikan kita kekuatan untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik, dan firman Tuhan lah yang membantu kita untuk merubah orang-orang di sekitar kita. Di dalam hari-hari kita, dunia tidak berhenti mengajarkan kita ‘its way of life’—baik melalui social media, YouTube, atau film-film Holloywood. Saya tidak melarang kita untuk menggunakan atau menonton itu semua; banyak hal-hal menarik dan bagus yang juga dapat kita pelajari melalui socmed dan film-film Hollywood. Tetapi jika kita tidak pernah membaca Alkitab, kita tidak akan dapat membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik. Maka itu kita harus rajin membaca Firman Tuhan, sehingga hidup kita boleh berakar pada ajaran-ajaran yang benar. “Your Word is a lamp for my feet, a light on my path” (Psalm 119:105).

 

Firman Tuhan adalah senjata kita untuk menghadapi apa yang tidak kelihatan.

“And take the helmet of salvation and the sword of The Spirit, which is the word of God” (Ephesians 6:17).

Firman Tuhan adalah senjata utama kita di dalam hidup—pedang roh kita. Di dalam hidup, kita seringkali berperang dengan banyak masalah. Sesungguhnya seringkali masalah yang kita hadapi itu tidak dipengaruhi hanya oleh apa yang kelihatan, tetapi juga oleh sesuatu yang tidak kelihatan. Contohnya, ketika seorang suami istri berperang antar satu sama lain, mereka seringkali berpikir pasangan mereka sendiri lah musuh yang sedang mereka hadapi, padahal sebenarnya ada kuasa ketiga yang tidak kelihatan yang sedang mencoba untuk menghancurkan pernikahan mereka. Sang suami istri tidak sadar bahwa mereka sedang berperang melawan musuh yang salah. Sesungguhnya musuh yang tidak kelihatan ini lah yang seharusnya mereka lawan bersama. Dan musuh yang tidak kelihatan ini hanya dapat dilawan dengan senjata yang juga tidak kelihatan, dan itu adalah pedang Roh, yaitu Firman Tuhan. Mulailah membiasakan diri membaca Alkitab; gunakanlah perlengkapan yang tepat mulai hari ini, Tuhan telah menyediakan semua yang kamu butuhkan untuk memenangkan peperangan-peperangan di dalam hidupmu.

 

Jesus answered, “It is written : ‘Man shall not live on bread alone, but on every word that comes from the mouth of God’” (Matthew 4:4).