Yesus jalan Kebenaran

Posted on Posted in Uncategorized

Yohanes 14:6 “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku”

[spacer height=”5px”]

Disini Tuhan berkata bahwa hanya Ialah jalan dan kebenaran dan hidup. Banyak orang merasa mereka telah mengikuti Yesus, mereka sering ke greja, mereka memberi persembahan, tetapi mengapa masih saja mereka terkena masalah dan tidak mendapatkan jalan keluar. Mereka mengeluh akan berkat yang mereka dapat, entah kurang ataupun ketika badai datang, mereka semua khawatir dan menyalahkan Yesus atas kepercayaan mereka padaNya. Saya yakin anda pasti pernah melakukan hal tersebut bukan ? Saya mau mengingatkan kepada saudara bahwa Yesus tidak berjanji hidup kita akan fine-fine saja, Yesus tidak berjanji bahwa tidak akan ada masalah atas berkat yang Ia kasih. Tapi dia berjanji dia akan menopang tubuh kita untuk melewati badai atau masalah itu. Dia tidak memberikan jalan untuk setiap masalah tetapi Dia bilang bahwa Dia lah Jalan nya, He is the way, kita hanya harus berserah penuh padanya karena Dia lah Jalan untuk setiap masalah-masalah yang kita hadapi. Dia datang untuk menjadi jalan, untuk menjadikan kita kudus. Namun siapa yang membuat kekudusan kita lenyap? Siapakah yang mencuri? Iblislah yang mencuri kekudusan kita, dia lah pencuri setiap umatNya yang ingin di kuduskan, menurut ayat Yohanes 10:10 “Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup dan mempunyai dalam segala kelimpahan”.

[spacer height=”5px”]

Pencuri yang dimaksud itu adalah iblis, iblis lah yang ingin mencuri kekudusan kita, membunuh rasa percaya kita terhadap Yesus, membinasakan kita dari apa yang diberikan dari padaNya. Tetapi Yesus datang sebagai Jalan, supaya mereka yang di maksud kita semua umat manusia mempunyai hidup dan mempunyai dalam segala kelimpahan. Bagaiman cara kita menemukan jalan di setiap perkara kita? Percaya lah kepadaNya dengan sepenuh hatimu. Karena menurut ayat yohanes 7:38 “Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran hidup”. Ketika engkau percaya padanya, dari dalam hatimu akan mengalir aliran-aliran hidup yang menyegarkan mu dengan rasa begitu damai.

[spacer height=”5px”]

Banyak orang bertanya apa itu kebenaran? Apakah kebenaran itu pengetahuan yang kita tahu yang kita pelajari? No, bukan dari ayat tema kita sekarang, dia berkata Dialah Kebenaran. Banyak orang mengira bahwa kebenaran itu berasal dari fakta-fakta yang ada , pengetahuan-pengetahuan yang ada. Seperti pengetahuan alam (science), semakin teknologi maju, banyak ahli-ahli fisikawan, banyak orang bertanya-tanya mengapa kejadian di alkitab berbeda dengan fakta yang ada? Nah dititik itu lah dimana orang kurang percaya kepada Tuhan, dan menganggap kebenaran dari fakta-fakta itulah yang benar. Tetapi itu salah, yang benar adalah Kebenaran itu bukan pengetahuan tetapi kebenaran itu Pribadi Yesus. Ingat pengetahuan, ahli-ahli alam, semua itu siapa yang mengaruniai mereka akan kepintarannya? Yesus, Yesus lah yang memberikan kepintaran-kepintaran itu oleh karena itu tanpa Dia, tanpa Yesus kita ini bukan siapa-siapa. Jadi jangan menjadikan berkat yang kita punya untuk mengurangi rasa percaya Kita dari Kebenaran yang Ia tunjukan dari Alkitab. Dialah kebenaran, Pribadi Yesus lah kebenaran. Pengetahuan hanyalah karunia dari padaNya, semakin pengetahuan kita maju, semakin jahat juga di dunia ini. Jadi kita harus berpegang teguh padaNya, pada kebenaranNya. Menurut ayat Efesus 5:16 “dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.”; Yesus ingin kita pergunakan waktu yang ada untuk tetap teguh dan kuat dalam kebenaranNya, karena dunia semakin hari semakin jahat. Oleh karena itu kita harus mempunyai perlengkapan rohani agar kita tetap Hidup juga didalamNya, dengan apa saja ? Mari kita lihat ayat Efesus 6:10-17

[spacer height=”5px”]

Efesus 6:10-11 “Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan Kuasa-Nya. Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis.”

[spacer height=”5px”]

Dari sini Tuhan berkata kita harus kuat di dalam Tuhan mengapa ? Agar kita memperoleh Hidup di dalamNya dengan cara kenakan perlengkapa Rohani kita agar kita bias melawan tipu muslihat iblis, apa saja tipu muslihat iblis sekarang? Dengan cara apa saja iblis bisa menyerang kita dari situasi sekecil apapun di bias menyerang kita, misalnya seperti yang tadi kita bahas pengetahuan, iblis memakai ahli-ahli untuk meyakini seluru orang bahwa kita ini dulu dari monyet bukan dari adam dan hawa, dari situ saja, jika iman kita tidak kuat kita akan percaya pada fakta itu. Itulah contoh tipu muslihat iblis sekarang, dengan mempersiapkan sesuatu yang besar yang bisa di lihat manusia lalu percaya akan tipu daya ibis tersebut. Tetapi Yesus sendiri telah berkata kepada kita menurut ayat Yohanes 20:29 “Kata Yesus kepadanya: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.” Dari sini Yesus telah berkata kepada kita untuk percaya padaNya walaupun tidak melihat. Tetapi banyak manusia yang ingin melihat dulu baru percaya, saya pernah alami itu ketika saya di Australia diberi penglihatan , ada berkat yang besar di tangan saya pada saat saya disana dan di saat umur saya yg muda, saya di beri pilihan, mengikut jadi hambaNya di Indonesia yang saya belu lihat namu Ia ingin saya percaya padaNya melalui penglihatan yang saya dapat, atau tinggal di Australia dengan berkat yang saya sudah lihat pada saat itu. Saya memilih Dia yang memberi berkat kepada saya daripada berkat yang saya dapat. Sangat susah untuk manusia melakukan hal itu karena mereka belum melihat dan disuru percaya. Disitulah iblis memakai kelemahan manusia pada umumnya dengan mempersiapkan sesuatu yang bisa di lihat agar kita percaya dan meninggalkan Yesus yang belum pernah kita lihat, itu salah satu tipu muslihat iblis, masih banyak lagi yang jauh kita tidak sadari.

[spacer height=”5px”]

Efesus 6:12-13 “karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara. Sebab itu ambilah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.”

[spacer height=”5px”]

Dari ayat ini, Yesus tidak ingin kita melawan dengan darah dan daging kita melainkan kita harus melawan segala sesuatu yang menyimpang di hari jahat itu dengan iman kita pegang didalamNya. Apa hari jahat itu? Hari jahat itu dimana sangkakala berbunyi dan saat itulah banyak orang-orang yang sudah percaya padaNya tetapi terpengaruh dengan tipu muslihat iblis lalu meninggalkan Yesus karena tidak kuat dengan hari jahat tersebut. Kita harus berjuang melawan penguasa-penguasa yang gelap yang sesat dengan berdiri teguh dengan Iman kita, sesuai dengan sharing sebelum nya Kisah Di Balik Lagu “I Have Decided To Follow Jesus , anda bisa membacanya sehabis membaca ini. Penguasa-penguasa gelap itu lah yang akan memaksa seluruh orang yang percaya kepada Tuhan Yesus untuk menyangkalNya, dan menurut ayat yang saya sharing ini lah Yesus ingin kita berdiri teguh dan walaupun sisa kita sendiri yang mengikutiNya, Ia ingin kita tetap setia kepadaNya sampai hari jahat itu tiba. Dan tidak menyangkalnya walaupun sampai mati sekalipun. Oleh karena itu sekali lagi kita harus berjiwa rohani.

[spacer height=”5px”]

Efesus 6:14-17 “Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan, kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera; dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat, dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu Firman Allah.”

[spacer height=”5px”]

Dari ayat ini, Yesus benar-benar ingin mempersiapkan kita sebagai pasukannya untuk teteap berdiri tegap oleh karenanya dengan berikatpinggang Kebenaran, dengan ikat pinggang Kebenaran kita tidak akan goyah, apa maksudnya? Kita harus tetap percaya pada kebenaranNya setiap saat dan jangan sekalipun goyah. Ketika kita goyah sedikit maka si jahat pasti dengan gampang melakukan tipu musihat kepada kita. Bayangkan ketika kita sedang perang dan ikat pinggang kita kendor atau lepas, maka kita tidak akan bisa perang dengan gagah melainkan kita pasti akan selalu membenarkan ikat pinggang kita dan tidak focus pada perang dan pada akhirnya kita kalah dan mati dalam perang. Oleh karena itu kita harus tetap mempunyai Iman yang kuat yang erat kepada kebenara Tuhan Yesus agar kita tetap Hidup di dalamnya. Berbajuzirahkan keadilan berarti kita harus menjadi orang yang adil seperti Yesus tidak memandang perbedaan dalam mengasihi sesamaNya dan juga musuhNya. Kita juga harus mempunyai rasa kerelaan untuk memberitakan injil, untuk membawa jiwa kepada Yesus seperti petrus yang menjadi penjala manusia. Dan juga perisai Iman untuk memadamkan panah api yang berarti serangan-serangan dari iblis untuk menggoyahkan kita, kita harus lawan itu semua dengan iman yang kita taruh didalamNya. Dan menerima keselamatan dan pedang roh yaitu Firman Allah.

[spacer height=”5px”]

Di akhir , sekali lagi dari semua perlengkapan rohani ini kita harus punya terlebih lagi yang pertama dan yang harus kita punya adalah berikatpinggang Kebenaran, apa itu Kebenaran? Kebenaran ialah Pribadi Yesus, Dialah Kebenaran yang tidak seorang pun bisa merubahnya.

[spacer height=”5px”]

Sebagai kesimpulan: jika kita tidak mengikuti JalanNya, KebenaranNya, dan Hidup didalamNya, kita tidak akan masuk ke Sorga. Mungkin tidak banyak orang yang mau melakukan firmanNya; Tetapi sesuatu yang SALAH akan tetap menjadi sesuatu yang SALAH meskipun puluhan juta orang yang memilih melakukannya. Dan sesuatu yang BENAR akan tetap menjadi sesuatu yang BENAR meskipun hanya sedikit orang yang melakukannya. Lalu apa itu BENAR dan apa itu SALAH? Maka itulah kita membuka Alkitab kita dan melihat apa itu yang BENAR di mata Tuhan sang pencipta. Maju terus dalam Tuhan, Tuhan Yesus sayang kepada saudara, jangan lengah sebab Ia selalu menyertai kita,  Tuhan Yesus memberkati.